Windows 7 Dan Linux Ubuntu 9.10

Posted by iNewBie Senin, 22 Maret 2010, under | 0 komentar
Setelah sekian lama menanti akhirY bisa juga menikmati menggunakan Windows 7 Ultimate 64Bit dan Linux Ubuntu 9.10......sebetulY sudah lama semenjak Windows 7 di luncurkan gw da pernah coba, namun CD yang gw dapatkan bukanlah CD boottable jadi gw harus menginstallY dari windows XP.....sehingga OS nya jd double Win XP dan Win7, padahal gw ingin komputer gw menggunakan double OS Win7 dan Linux Ubuntu.....akhirY gw coba mencari CD Win7 yang boottable dan Linux Ubuntu, setelah mencari akhirY gw dapatkan juga Win7 dan UbuntuY, setelah sampai dirumah langsung saja gw install dan ternyata bisa....namun ketika ingin melanjutkan proses penginstalan prosesY lama sekali...ting...tung...ting...tung....lama sekali menungguY,tidak lama kemudian munculah box dengan layar kosong/putih...yang seharusY muncul device HardDisk namun ini tidak ada, HDD gw tidak terbaca...dan dibawahY tertulis kalau komputer gw tidak support untuk proses penginstalan Win7 ini “waduh” kok bisa yah....[?] padahal sebelumY kan bisa tp kenapa pas gw beli CD yg baru malah ga bisa...[?] kemudian komputer gw restart dan gw cb install ulang lg....namun tetap tidak bisa, ku coba lagi ku coba lagi..namun hasilY sama, komputer gw ga support kataY...patah arang sudah, masa gw tidak bisa menggunakan Win7...berfikir sejenak, gw pernah membaca disuatu forum kataY kalau HDD tidak dapat dibaca oleh OS “Win Vista” cobalah untuk melepas jumperY, kenapa ga gw coba utk Win7, gw lepas deh jumperY dan gw coba untuk menginstall ulang lg...dan ternyata bisa HDD gw terbaca.....akhirY gw format deh drive “C” nya setelah diformat br lah install,namun beberapa saat kemudian muncul kembali box yg sama yg mengatakan kalau komputer gw tidak support.....yaaaaa.....patah arang lg deh.... setelah gw lihat lihat ternyata CD Win7 yg baru saja gw beli itu adalah Windows 7 Ultimate 64Bit....pantas saja tidak bisa karena sebelumY yg pernah gw coba itu adalah Win7 32Bit...namun gw tidak menyerah, masa komputer gw ga bisa...[?] padahalkan komputer gw prosesorY sudah support 64Bit “EMT64”....terus berfikir dan berfikir masuklah gw ke dalam BIOS, gw mencoba utk mengutak atik BIOS nya lalu gw liat ada fitur D.O.T “Dynamic Overclocking Technology” yg di disable lalu gw coba untuk me enable kanY, keluar dari BIOS-Restart...kemudian gw mencoba untuk menginstallY kembali, sambil menunggu dan berdoa akhirY proses intalasi berjalan lancarsampai dengan selesai....

Setelah instalasi selesai gw melanjutkan untuk menginstall Linux Ubuntu 9.10....sangat mudah sama halY dengan menginstall Win7 namun bagi orang yang belum pernah mencoba linux mungkin agak bingung, namun itu tidak akan lama karena pada intiY sama saja dengan Win7 bahkan lebih mudah....setelah proses instalasi selesai masuklah ke desktop linux wow...agak bingung jg menggunakanY karena sudah sangat lama sekali tidak pernah menggunakan Linux...namun Linux yg sekarang jauh lebih mudah dan simple dibandingkan dengan Linux jadul....tampilanY pun skr sudah mirip dengan Windows dan Apple...cukup familiar....namun kendalaY adalah kita tidak bisa menginstall suatu aplikasi hanya dengan double klik saja...dilinux kita diajarkan untuk menggunakan syntax.....namun kalau kita bersabar dan ingin mencoba itu semua dapat dengan mudah di lakukan.



Aplikasi/Driver untuk Linux
nVidia : http://www.nvidia.com/Download/index5.aspx?lang=en-us
Flash : Download plugin flash untuk linux pada situs Adobe atau disini
Windows Media Player / BSPLayer : vlc, Totem
Winamp, iTunes : Amarok (KDE), Exaile, Rhythmbox, XMMS,
BMP :
Audacious, Banshee
uTorrent / Bittorrent :
Transmissionbt, Deluge-torrent, KTorrent (KDE), Azureus
Nero Burning ROM : Brasero, k3b (KDE), Serpentine
Windows Movie Maker : Avidemux, Kino (KDE).
3D Studio MAX, Blender, Maya : Blender, Maya, Softimage, K-3D (KDE)
Internet Explorer : Firefox, Opera, Konqueror, Epiphany
Outlook : Thunderbird, Evolution
Microsoft Office : Open Office, AbiWord,
KWord
ICQ, MSN Messenger, AIM, Yahoo Messenger : Pidgin, Kopete, aMSN,
KICQ
FTP Client : FileZilla, GFTP, KFTP (KDE)
Photoshop : GIMP
Irfanview, ACDSee : XnView, GQView,
Mirage
Audacity, CoolEdit, Audio Catalyst : Ardour, Rosegarden, Audacity,
Beast
GuitarPro : TuxGuitar Daemon Tools : gmount-iso
Partition Editor, Partition Magic : QTparted, GParted
Zone Alarm or any firewall : Guarddog, Firestarter

One Response to "Windows 7 Dan Linux Ubuntu 9.10"