Modifikasi Huawei C2801/2601

Posted by iNewBie Minggu, 28 September 2008, under | 41 komentar
Bagi teman-teman yang punya hape Huawei C2801/2601 yang mulai merasa jenuh karena hapenya gitu-gitu aja bunyi ringtonenya dan itu-itu saja wallpappernya, mulai sekarang jangan bersedih hati, karena disini gw akan mencohba untuk membahas bagaimana caranya memoding hape Huawei C2801/2601

Yang dibutuhkan untuk memoding Huawei C2801/2601 adalah

  1. siapkan terlebih dahulu kabelnya (Connectivity Adapter Cable-45)

2. Pastikan Nomor seri sesuai dengan gambar dibawah ini

3. donlod software File Type: zip Easy cdma.zip

Langkah-langkahnya

1. install EasyCDMA yang sudah didownload,setelah instal EasyCDMA Colokan kabel datanya pada port usb di komputer,masukan driver kabel datanya dan install. Setelah kabel data terinstall didevice manager akan terdetek sebagai “prilific usb.....”

2. Setelah proses instalasi selesai barulah kita jalankan program EasyCDMA-nya,setelah masuk EasyCDMA pilih “file/ports config” dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini tentukan com-nya berapa, berdasarkan di device manager(prolific usb....) setelah memilih com-nya berapa pilih “ok”

3. Setelah itu EasyCDMA akan mendeteksi hape kita, bila tidak terdeksi pilih refresh sampai muncul tampilan seperti dibawah ini dan pilih “ok”

4. Setelah proses pendeteksian berhasil akan muncul tampilan seperti dibawah ini, artinya EasyCDMA sudah siap untuk me-modding hape anda

5. Pada opsi ini kita akan mengganti ringtone dari hape esia anda,pilih root “brew/shared/alert” tampilan layar sebelah kanan akan terlihat isi ringtone dari hape anda.

Penting untuk diketahui:

Hape esia anda memerlukan format “midi” untuk ringtonenya dan sesuaikan nama ringtonenya berdasarkan nama ringtone dihape anda. Contoh: ringtone yang anda inginkan “my love.mid” ubalah ringtone anda yang berjudul my love tersebut menjadi “ring_1.mid” setelah itu copy file tersebut pada hape anda

6. Setelah selesai mengganti isi ringtone anda, pada opsi ini kita akan mengganti wallpapper pada esia anda. Caranya mudah,sama seperti step5 mengganti isi ringtone. Format yang dibutuhkan untuk wallpappernya adalah “png” dengan ukuran “102x80”

7. Setelah selesai pilih disconnect dan cabut hape anda dari kabel datanya, sekarang anda sudah bisa pamer esia anda keteman-teman anda. “Selamat Mencoba”


Wallpaper Telah Berubah Setelah Di Modding


One Response to "Modifikasi Huawei C2801/2601"

  1. Yanuar Maulana Says:

    wau... experiment sendiri ya..
    hebat ouy...

    coba ah..
    makasih ya..

  1. Anonim
    Says:

    iya selamat mencoba yah

  1. Anonim
    Says:

    Kalo kabel datanya itu belinya dimana yah?
    Soalnya di SOLO blm ada Euyyy :(

  1. Anonim
    Says:

    Oh iya Lupa Satu lagi yang Penting juga....
    harganya Brapaan yah?

  1. iNewBie Says:

    @ tuk yang disolo

    Untuk kabel data saya beli di bekasi,kebetulan saya tinggal dibekasi,mungkin anda bisa cari di toko2 HP

    Dan untuk harganya bervariasi,mulai dari Rp.30000 s.d Rp.80000,tergantung anda bisa menawar atau tidak

    selain menggunakan kabel Connectivity Adapter Cable-45 bisa juga kita membuat kabel datanya sendiri menggunakan kabel RJ-45

    Namun saya belum sempat untuk membuat postingnya

  1. yanto103 Says:

    Maaf kabel data CAC 45 bisa untuk unlock C2801 nggak??

  1. iNewBie Says:

    @ yanto 103

    CAC 45 BISA untuk unlock C2801
    namun tergantung dari versi hp anda versi berapa

    sebagai contoh misalnya,hp anda versi bulan oktober,untuk sementara belum bisa untuk diunlock,biasanya 1 atau 2 bulan berikutnya

    untuk softwarenya tinggal download aja,banyak koq situs atau blog yg menyediakn software untuk unlocknya

  1. Jerry Says:

    saya mau tanya...kalu kabel ca 45 yang dipake itu perlu dimodif dulu ga? Merk kabel data ca 45nya yang bisa langsung dipake huawei c2801 tanpa harus modif dulu apa ya? trims.

  1. iNewBie Says:

    @ jerry

    untuk kabel ca-45 gak perlu dimodif
    tinggal colok pada port usb dan install driver yang tedapat pada kabel ca-45

    setelah itu install easyCDMA-nya,dan kabel datanya pun siap dipasangkan ke HP,dan anda pun siap untuk memoding HP anda

  1. Jerry Says:

    Maaf ya saya tanya lagi.....

    Kemarin saya udah coba tanya ke toko accessories komputer. Ternyata setelah dilihat kabel data ca 45nya ga cocok sama port yang ada di huawei c2801...
    Kalau boleh tahu,kabel data ca 45 yg Anda gunakan itu merk & spesifikasinya yg seperti apa ya? Supaya saya nanti bisa bilang mau cari kabel data ca 45 yg seperti apa...
    Trims bgt ya buat infonya.......

  1. iNewBie Says:

    @ jerry

    untuk kabelnya mungkin anda dapat mencarinya ditoko2 handphone

    Anda bilang kepada sang penjual kalau anda membutuhkan kabel data dengan nama "Connectivity Adapter Cable 45" kabel ini dapat mensupport untuk tipe HP Nokia seri
    1600,6060,6030,1110,2610,2310
    kabel ini berjenis
    "Port USB to Mini Usb"

    untuk lebih jelasnya anda bisa melihat pada tabel gambar,dan mungkin anda bisa download gambarnya lalu anda simpan pada HP anda,lalu anda tunjukan kepada penjual kabel datanya

  1. Anonim
    Says:

    broooooo........
    akhirnya gw bisa juga memoding Huawei gw yang C2801 dan gw juga telah berhasil me-unlocknya

    thanks banged ya brooo....atas informasinya :))

    fr:BlackList

  1. iNewBie Says:

    @ BlackList

    Selamat ya sudah bisa memoding huaweinya

    senang bisa membantu

  1. ukee Says:

    BRO ngedon lod easy cdma nya gimanaseh, gw GATEK banget. dah gw klik kok masuknya ke repair pone, trus yg mananya, bantu dunk bro, makaseh.

  1. iNewBie Says:

    @ ukee

    maaf bro...
    gw agak kurang mengerti,maksudnya loading easy CDMAnya lemot?

    kl utk masalah repair phone,mungkin lw ada kesalahan pd saat setting kabel datanya,sehingga easy CDMAnya tidak bisa mengenali HP-nya sehingga masuk ke repair phone

    mungkin lw bisa kirim detailnya/tampilanya ketika lw menjalankan aplikasi easy CDMAnya dgn cara print screen,kemudian lw kirim ke e-mail gw di :

    paddockgirl46@gmail.com

  1. Anonim
    Says:

    pakdhee,
    bener ini kabel bisa dipake buat unlock? perlu dimodif dulu ga?
    versi brp aja yg bisa?
    bedanya sama CAC-42 apa ya?

    thx b4..

  1. iNewBie Says:

    @ pakdhee

    IYA,untuk kabel CAC-45 jelas bisa buat unlock dan tidak perlu dimodif lagi,untuk software unlock dan firmwarenya tinggal search aja,byk koq situs2 yg menyediakannya

    CAC-42 & 45 secara pasti perbedaanya apa gw ga tau,walaupun secara fisik sama,namun ketika gw mencoba untuk menggunakan CAC-42 huaweinya tidak bisa terdeteck hanya bisa buat nge-cash aja

    sama seperti kejadian bro ukee

  1. Anonim
    Says:

    bro...
    gw ga bsa connect pdHL udah di melalui post configuration tp di refresh ndak bs trus...

    tq bro hp nya c2801

  1. iNewBie Says:

    @ anonim

    masa cyi bro ga bisa connect?
    lw udah cek cable CAC-45 nya blom?
    untuk cable CAC-45 nya terdetek sebagai Prolific bukan/atau mungkin terjadi kesalahan pada saat lw menentukan com/portsnya?

    kalau memang masih ga bisa,coba lw kirim tampilan/gambarnya ke e-mail gw di:
    paddockgirl46@gmail.com

  1. Anonim
    Says:

    Dear kang jerry.
    ane beli kabel data cac-45 ditoko komputer daerah depok..gambar sm speck persis sama buat nokia tipe2 diatas juga.
    pertanyaanya :
    1. port kabel cac 45 beda sm huawei
    2. dimana gw bisa cari tuh kabel yach klo suftware g dah ada

    klo bisa email aja kang demakcoy@yahoo.com

  1. iNewBie Says:

    @ tinta inkjet

    lhoooo....koq bisa beda?
    memangnya pas beli akang ga liat doloe kabelnya?

    kl ane sich belinya ditoko HP didaerah bekasi,harganya cuma 30ribuan

  1. Anonim
    Says:

    maaf saya mau tanya cable
    cac 45 yang saya beli ujung kepalanya lebih kecil dari pada kepala mni usb yang biasanya,..trus dimana beli kabel cac 45 yang kepalanya mini usb biasa

  1. Anonim
    Says:

    bos klo di bekasi beli kabelnya dmana??
    alamatnya...thanxs broth

  1. Anonim
    Says:

    bro...yang makin kinclong....

    saya mo tanya nih...alhamdulillah saya sudah ngedonlod aplikasi easy cdma nya, dan berhasil dijalankan/install. Tapi permasalahannya, kabelnya itu sama sekali gak ngedetect HP C2801 nya...itu kenapa yah..? nah, pada saat colokin kabel usb ke komputer, muncul "USB Device not recognized" (gambar1)....itu kenapa.

    Dan ketika saya liat di device manager, munculnya bukan ditempat COM&LPT, tapi malah ke USB Controller dan sama sekali gak ada conflict hanya saja dikasih keterangan pada propertiesnya driver not listed...gitu deh...dan sama windowsnya malah dianggap "unknown device" (seperti saya lampirkan pada gambar2).

    Dan ketika saya jalankan pakai aplikasi easy cdma, malah aneh lagi...hp kedetect alias connect, tapi malah jeroannya sama sekali gak kebaca...itu juga kenapa...(gambar3)..please ya bro...bantu saya..pusing nih...udah coba donload seharian tapi masih bingung juga...help me...

    Nah, saya ambil kesimpulan, sepertinya saya belum punya DRIVER Connectivity Adapter Cable-45, yang ada digambar blog ente...please banget ya bro..kalau memang itu kesimpulan yg bener, tolong dikirimin yah driver USB yg ada didalam CD Data Cable nya...please..please...Kalau memang kesimpulan saya salah...saya harus bagaimana nih hua...hua...pusing...

    Nah, segini aza dulu ya bro...tolong dibalas dan dikasih solusi yah....ini email saya nih : web2000aza@gmail.com

    Catatan : 1. Kabel USB dan mini USB sudah cocok (tapi statusnya hanya ngecharge batrai), kabel ini boleh minjam.
    2. Yang ada digambar itu bukan windows vista, saya hanya install skinnya aza dari Vista Transformation Pack.
    3. Terima kasih ya bro...semoga ente makin cerdas....amin...

  1. Anonim
    Says:

    kalo beli kabel di bekasi di MM dimananya

  1. iNewBie Says:

    @ for all

    sorry bro baru bisa jawab
    skr gw lagi sibuk bgt,bgt,bgt

    untuk beli kabel datanya didaerah bekasi mungkin bisa cari di Giant Bekasi,karena disana sangat banyak sekali yang jualan/toko2 HandPhone

    namun kalo ingin beli kabel CAC-45
    sebaiknya dicoba dulu atau gak cocokan dulu kepala mini USB-nya sesuainya dengan yg ada di Hp esianya,karena ada bbrp temen gw yg beli itu colokan mini USBnya tidak sesuai dengan yg ada di Hp esia (Maklumlah namanya juga bukan kabel bawaan dari vendor Asli)

    yg pasti,sebelum membeli sesuaikan terlebih dahulu dengan posting yg ada di blog gw

    THX

  1. Anonim
    Says:

    Master, tolongin gw dong, gw kan udah bs instal easycdma sm kabelnya juga udah bs, masalahnya pas udah copy lagu dan mau paste ke folder shared alert ..pas ngepaste bukannya kekopy malah ngeclose..ntu masalahnya dari mana ya..sehari sebelumnya gw dah bs,.tp pas komputer d matiin n d nyalain lg..jd gitu dah

  1. iNewBie Says:

    @ anonim

    oooooo.....gt ya masalahnya
    gw juga pernah koq kaya gt
    biasanya itu masalah sama software/compute-nya,coba aja lw install ulang lg Easy CDMA-nya,kl masih ga bs juga coba kabel datanya lw pindahin ke port USB lainnya

    semoga berhasil yaw...

  1. Anonim
    Says:

    Bro... Gw dah make tu kabel data CA-45, terus dah diinstal pula drivernya, n berhasil ke detect di Ports (COM & LPT) : Prolific USB-to-Serial Bridge (COM14).

    Tapi pas mau connect, hp ga ke detect, gw da masukkin port 14 di pilihannya, tapi ga bisa2! Itu kenapa y? HP dalam kondisi on atau off tetap ga bisa. Bisa minta tolong kasih pencerahannya ga Bro??
    Butuh banget nih!!Thanx banget ya!!

  1. iNewBie Says:

    @ Ryan

    masa sich ga bisa?
    tp lw sudah install sesuai dengan yg dw posting lom?

    coba lw refresh berkali-kali,apa kah bisa kedetect,kl memang masih ga bisa juga,coba lw pindah keport usb lainnya,mungkin kesalah terjadi pada usb port,gw saranin untuk mencolokan kabel datanya jangan pd usb-hub,kl bisa langsung colok pd usb port yg ada pd mainboard

  1. dheni Says:

    dulur drivernya susah d download susah masuk djawirnya...
    kalo bisa di rar ke email

    dni.bhobu@gmail.com

    tulung2

  1. Anonim
    Says:

    mas sy gk bisa nginstal tu easy cdma knpa ya??
    sy make xp sp3 antivirusnya avast 4.8 trus dll nya dbca trojan gtu

    gmana mas??
    trus masnya punya akun YM gk minta ya?biar bs ngobrol lngsung...email saya :
    xxbubbysaurusxx@yahoo.com

    mkasih buanyaakkkk

  1. bogel431 Says:

    Wadu pada keren lah salut buat para kreatif.... eh om btw.. min ta tuturial DONG buat unlock. c2801... thx ya. . .

  1. Anonim
    Says:

    gimana cara nyambung CA-45 ke mini usb soalnya beda warna berikut detail warnanya:

    CA-45
    orange
    putih
    hijau
    biru

    Mini usb
    cokelat
    kuning
    merah
    biru

    mohon penjelasannya klo ada yg tahu thx :)

  1. iNewBie Says:

    @xxbubbysaurusxx@yahoo.com

    iya sob, easyCDMAnya ga bisa jalan kl di XP SP3, cb ajah install di SP2, owkeh :)

    @bogel431
    mav sob, utk yg 1 ini gw ga bisa bantu, b'coz gw ga brani utk bikin tutorialX, U know that........:D

    @Anonim
    sob, terlalu ribet kl gw jelasin disini, coba ajah lw search in google, byk qo skr yg modif kabelnya sendiri, salah 1 contohnya disini
    http://kaeshafiz.wordpress.com/2009/02/09/bikin-kabel-data-serialusb-huawei-c2801c2601/

  1. Anonim
    Says:

    bos koq softwarenya ga bs di diinstal ya??
    udah gw extract tapi msh ga bs??
    knp ya??

  1. Mas Risto Says:

    Saya sudah instal sofware huwaicdmanya dan bisa di jalankan.tetapi yang bikin pusing kabel ca 45 nya yang ujungnya kaga cocok alias ngga masuk ke hp esia.ketika saya saya beli kabel data untuk hp esia di glodok dan harco mangga dua saya ubek-ubek kaga ketemu yang ujungnya masuk ke esia. dan sama penjualnya saya di kasih yang ujungnya masuk ke hp esia saya bilang ngga bisa itu kabel saya juga punya kabel yang begitu untuk card rider atau kabel mp4.terus dia bilang ini sama dengan kabel yg untuk motorolla pasti bisa untuk esia juga.dengan perasaan ngga yakin akhirnya saya beli juga itu kabel denganharga Rp.30.000,-.dan sampai dirumah langsung saya coba. ternyata apa yg saya ragukan memang bener itu kabel kaga bisa yaitu sama seperti kabel yg untuk mp4.terus saya pulangain tuh kabel sambil nyari lagi di tempat lain yaitu saya coba di plasa pinangsia glodok.saya cari di tempat yang jual aksesoris komputer dan hp kaga ada juga yang ca 45 tetapi ujungnya untuk hp esia sampe gambar yang ente pajang di atas ane print dan ane bawa-bawa untk nyari.dan saya juga bawa kabel ca 45 yng untuk nokia tipe 6030 dan itu untuk nokia memang bisa.dan ada salah satu counter yang saya coba jelasin bahwa saya mau cari kabel ca 45 tetapi ujungnya masuk ke hp esia seperti ini,dan kalau ca 45 yang biasa untuk nokia saya ngga bisa pake.dan setelah aku jelasin panjang lebar mengenai ketidak bisaannya kabel data ca 45 untuk nokia si enchek bilang kabel yang itu memang ngga ada, tetapi ada kabel untuk data yang sepeti ini ujungnya bisa masuk ke hp esia. dan saya bilang yang seperti ini tidak bisa dan saya sudah coba. terus si enchek nerangin lagi, you punya kabel data untuk usb, memang kelihatannya sama tetapi ini beda.maksudnya kabel data biasa yg saya unjukin bukan ca 45.ini kabel usb untuk tipe usb (2.0)(dua titik nol) sedangkan you punya kabel usb 1.0 serasa meyakinkan saya.kabel yang ini tidak memerlukan cd driver lagi.sedangkan you punya kabel ca 45 itu di dalamnya ada chipnya lagi jadi mesti pakai driver.ngga usah pakai ini aja pasti bisa tanpa memerlukan cd driver lagi.dan akhirnya dengan ngga yakin juga saya beli kabel data yang menurut si enchek usb nya 2.0(dua titik nol)dengan harga Rp.40.000,- dengan perjanjian kalau ngga bisa dibalikin lagi tapi di potong Rp15.000,- untuk sewanya versi si enchek itu.dan akhirnya sampe di rumah langsung saya coba.dan hasilnya sami mawon atau sama saja dengan kabel yang pertama saya beli, yairu 100% tidak bisa. dan besoknya itu kabel saya pulangin ke si enchek itu.
    dan kesimpulan untuk saya dan mungkin yang lainnya yang masih pusing cari kabel ca 45 untuk hp esia bahwa sebenarnya kabel ca 45 untuk esia ada apa ngga yang asli tanpa di modipikasi.seandainya ada tolong tampilkan gambar yang utuh kabelnya, jangan cuma pangkal sama ujungnya doang yang kelihatan.kalau memang ente punya biarin deh ente jual ke pembaca semuanya melalui forum ini di tambah ongkos kirim atau ane datang ke tempat ente.kalau di wilayah jabotabek mungkin masih bisa saya samperin ke tempat ente.dan saya tunggu jawabannya yang memuaskan. terimakasih (Mas Risto Kedoya Selatan)

  1. Mas Risto Says:

    Setelah saya dua kali beli kabel data yang menurut penjualnya itu pasti bisa buat hp esia tapi kenyataannya 100% tidak bisa,saya ubek lagi ke Roxy tempat penjualan berbagai macam hp. Dan di Roxy saya juga susah sekali atau mendapat kabel untuk hp esia.akhirnya setelah saya ngubek di roxy saya kecapaian saya secara iseng tanya ke tempat yang memang dia tidak jual kabel data.tapikan dia tahu seluk beluk di ruangan itu dari lantai 1 s/d lantai yg paling atas.pertama dia bilang ada ntar saya cariin tapi harganya Rp.75.000,- saya bilang oke kalau memang ada. Setelah dia ambil entah kemana ternyata sebelum dia bawa barangnya ternyata harganya berubah yaitu Rp.125.000,-.setelah saya tawar-tawar sambil mikir karena barangnya yang susah itu akhirnya dia kasih harga tidak bisa kurang yaitu tetap Rp.125.000,-.dan karena saya sudah pusing beberapa hari cari kabel data itu ngga dapat-dapet akhirnya saya beli juga itu kabel seharga Rp.125.000,- setelah saya lihat barangnya ternyata ujungnya bener untuk colokan ke hp esia, tetapi colokan usb ke komputernya bukan type ca 45, tetapi sejenis itu warnanya biru dan tidak ada tulisannya sama sekali, tapi ada perjanjian kalau tidak bisa konek ke komputer bisa di pulangin jangka waktu 3 hari.Dan akhirnya setelah sampai di rumah langsung saya coba kekomputer konek apa ngga. Setelah ci colokin ke komputer dia minta sofware data dan saya masukin cd yg untuk ca 45 ternyata bisa, di device manager memang ke baca yaitu pada ports (COM & LPT)prolific USB-to-Serial Bridge (COM5) yang artinya di Port Com 5. Setelah saya jalankan EasyCDMA memang bener data yang ada di hp semuanya ke baca. terus saya coba memasukkan ringtone midi seperti petunjuk yang di kasih tahu lewat forum ini. Dan ternyata apa yang terjadi begitu di copy lagu midinya dan namanya juga sudah saya rubah yaitu “ring_1.mid” setelah di paste di kumpulan midi yang ada di data hp yang keluar bukan lagu midi tadi Tetapi ada 4 macam file yaitu 1. Type file bmp dengan nama example 49 kb 2. Example midi 9 kb 3. Example MMF 6 kb dan 4. Example pmd 1 kb dan pada waktu saya mengganti wallpaper juga setelah di paste di wallpapernya yang muncul sama seperti pada ringtone tadi. Dan yang ingin saya tanya kan adalah apa yang salah pada komputer saya apa mungkin kabelnya, atau instalnya, atau mesti pake sp berapa. Yang saya pake win xp sp 2. Saya coba berulang-ulang tetep sama yang muncul iti-itu aja dan file yang di hp tadi kan saya copy dulu di komputer yaitu wallpapernya setelah wallpaper saya hapus dan yang copy an tadi saya masukkan lagi ke wallpapernya juga tidak bisa.mohon penjelasan yang sedetil mungkin supaya berhasil dan atas penjelasaanya saya ucapin terima kasih.

  1. iNewBie Says:

    @ Mas Risto
    maav mas untuk sekian lamanya saya baru buka blog skr,krn akhir" ini saya terlalu sibuk dengan pekerjaan saya :D

    dan saya ga bisa menjelaskan panjang lebar kpd mas, tp saya punya solusinya nanti akan saya jelaskan knp, tlng mas kirim alamat email kpd saya, nanti akan saya kasih kabar
    ok, terima kasih sudah mapir di blog saya ini

  1. Mas Risto Says:

    Terima kasih atas tanggapannya yang membuat saya untuk berjuang terus supaya hal-hal yang orang lain bisa, kenapa saya ngga.Dan akhirnya dengan berkali-kali saya lakukan percobaan baik untuk masalah kabel data maupun sofware yang sempet selalu error, akhirnya sekarang semuanya sudah bisa saya atasi sendiri.Dan saya terima kasih banget dengan adanya forum ini terutama buat yang memandu forum ini.Saya jadi bisa mengisi lagu maupun wallpaper ke hp esia tanpa adanya kesulitan. Tetapi maaf banget nih, mungkin kalau yang masih belum menguasai photoshop agak sedikit bermasalah mengenai pembuatan gambar dengan ukuran 102x80 pixel dan merubah dari jpeg ke png.tapi kalau yang sudah tahu sih no problem. karena tidak ada cara-cara merubah gambar dari format lain seperi jpeg, psd,bmp, ataupun yang lainnya dirubah ke png dari photosop.tetapi secara keseluruha saya merasa puas dengan adanya forum ini. Terima kasih.
    email saya : ristosamdani@plasa.com

  1. Namaku Suluh Says:

    mas, easy cdma na stlh di extract koq ga bisa di install ya...

    tulisan na:
    "EasyCDMA is not a valid Win32 application"

    mohon bantuan na..

    tq -by suLhuL-